KONSEP PEMBELAJARAN PAKEM

Latar belakang diterapkannya PAKEM yaitu kenyataan bahwa pembelajaran konvensional dinilai menjemukan, kurang menarik bagi para siswa sehingga berakibat kurang optimalnya penguasaan materi bagi peserta didik.
PAKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pada pembelajaran PAKEM intinya guru disini harus kretif menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif, efektif dan menyenangkan. PAKEM merupakan sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan bebagai sumber dab alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.
Berikut akan diuraikan arti dari PAKEM :
Pembelajaran merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa, guru, dan komponen-komponen pembelajaran seperti tujuan, isi pelajaran, metode, media evaluasi,dan lingkungan.
Aktif mengandung arti bahwa dalam proses pembelajaran guru harus aktif menciptakan suasana yang memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat, karena belajar pada hakikatnya adalah proses aktif siswa dalam membangun pengetahuannya.adapun ciri- ciri siswa akif yaitu : melakuakn pengamatan, menyelidiki, melakuakn percobaan, mengidentifikasi, menganalisa, bertanya berdiskusi, enjawab pertanyaan mengeluarkan penadapat
Kreatif mengandung arti bahwa guru harus kreatif dalam menciptakan kegiatan belajar yang beragam, menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat siswa, mampu menyajiakan materi sacara sistematis dan menantang sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Dan juga menghasilkan siswa yang kreatif ,yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain.
Efektif mengandung arti bahwa guru harus seefektif mungkin mengatur proses pembelajaran, penggunaan waktu yang efisien, pengguanaan media/ alat peraga yang efektif dan penggunaan metode yang tepat, dan mengatur kelas dengan baik sehingga tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran akan tercapai.
Menyenangkan mengandung arti bahwa guru harus menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi siswa dan guru itu sendiri. Sikap guru yang menyenangkan yaitu : bersikap, ceria, ramah dan humoris, memperlakuakn anak secara adil dan kasih saying, suka member pujian dan penghargaan, suka tersenyum, dan berpenampilan simpatis, Adapun sikap yang harus dikembangkan supaya aiawa merasa menyenagkan dalam belajar yaitu : belajar sambil bermain, jangan membuat siswa merasa tertekan, belajar diluar kelas, belajr samsil bernyanyi dan guru harus akrab dengan siswa.
Dengan suasana belajar yang menyenangkan siswa akan lebih memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Related product you might see:

Share this product :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. el_shalih blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Template