Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VI (enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
1. Mengumpulkan dan mengolah data
II. Kompetensi Dasar
4.1 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
III. Indikator
Melalui pengamatan, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram garis, batang, lingkaran.
IV. Materi Ajar
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, dan lingkaran.
V. Pendekatan, Metode, Media, dan Sumber
Pendekatan : Langsung
Metode : Observasi dan diskusi
Media : Meteran, timbangan dan tabel
Sumber : - Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6, M. Khafid Suyati, Erlangga.
- Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Y.D. Sumanto, Heni Kusumawati, dan Nur Aksin.
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Mengkondisikan kelas
- Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan tentang pendataan sensus penduduk di tiap daerah.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
- Menjelaskan materi tentang menyajikan data dalam berbagai bentuk diagram.
- Membagi siswa ke dalam kelompok kecil, membagikan media, dan memberikan lembar kerja siswa serta memberikan petunjuk penggunaannya.
- Siswa melakukan pengumpulan data teman sekelas, meliputi tinggi badan, berat badan, tanggal kelahiran, jumlah anggota keluarga, dan olahraga yang digemari.
- Siswa melakukan analisis data dan diskusi untuk dapat disajikan dalam bentuk diagram batang, garis, dan lingkaran.
c. Kegiatan Akhir
- Menyimpulkan materi
- Mengevaluasi kegiatan pembelajaran melalui soal latihan
- Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya.
VII. Penilaian
Teknik : tes dan nontes
Bentuk : isian dan kinerja
Instrument : portofolio dan LKS
Format penilaian sikap/kinerja
No Nama Siswa Perilaku Score Nilai Ket
Memahami Masalah Menyelesai-kan masalah Memeriksa Kembali Kerja-sama
Keteliti-an
1
2
3
4
5
Keterangan:
Kolom perilaku disisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut:
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
Score maksimum = 25
Konversi Nilai :
Keterangan diisi dengan kriteria.
1. Nilai = 10 – 29 berarti sangat Kurang
2. Nilai = 30 – 49 berarti Kurang
3. Nilai = 50 – 69 berarti Cukup
4. Nilai = 70 – 89 berarti Baik
5. Nilai = 90 – 100 berarti Sangat Baik.
Format penilaian isian
Skor : setiap jawaban benar diebri nilai 2
Nilai =
Lembar Kerja Siswa
Lakukan kegiatan ini secara berkelompok!
1. Siapkan alat penimbang berat badan dan pengukur tinggi badan.
2. Tugas setiap kelompok sama, yaitu mencari data tentang seluruh siswa. Data siswa yang diinginkan yaitu tinggi badan, berat badan, tanggal kelahiran, jumlah anggota keluarga, dan olahraga yang digemari. Semua siswa harus memberi data tersebut.
3. Langkah kegiatan sebagai berikut:
a. Wakil dari kelompok I mencatat tinggi badan.
b. Wakil dari kelompok II mencatat berat badan.
c. Wakil dari kelompok III mencatat tanggal kelahiran.
d. Wakil dari kelompok IV mencatat jumlah anggota keluarga.
e. Wakil dari kelompok V mencatat olahraga yang digemari.
4. Setelah data diperoleh, setiap kelompok menyajikan data sesuai yang dicatat oleh wakil kelompok. Dalam kegiatan ini setiap kelompok mengajukan data dalam bentuk tabel.
5. Sajikan data tabel yang telah terkumpul ke dalam bentuk diagram batang, garis dan lingkaran.
6. Tulislah hasil pekerjaanmu dalam selembar kertas. Kemudian serahkan kepada bapak atau ibu guru.
Selamat Mengerjakan...!!!
+ komentar + 1 komentar
Syukran.
Posting Komentar