Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/I
Pokok bahasan : Bangun Datar
Alokasi Waktu : 2X35 menit
Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
Indikator
1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam bangun datar
2. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun datar
3. Siswa dapat membedakan bangun datar persegi dan persegi panjang.
I. Tujuan
1. Melalui diskusi kelompok, Siswa dapat mengidentifikasi bentuk bangun datar
2. Melalui pengamatan gambar siswa dapat membedakan bangun datar
3. Melalui pengamatan gambar siswa dapat membedakan bentuk bangun persegi dan persgi panjang
II. Materi
Bangun datar
No Macam-macam bangun datar Sifat-sifat bangun datar
1
2
3
4
5
6
7
8 Persegi
Persegi panjang
Sgitiga
Jajar genjang
Trapesium
Layang-layang
Belah ketupat
Lingkaran • Panjang keempat sisinya sama, panjang kedua diagonalnya sama, besar keempat sudutnya sama
• Persegi panjang, mempunyai empat titik sudut, sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar, mempunyai empat buah sudut siku-siku
• bangun datar yang dibentuk oleh tiga titik yang tidak segaris
• bangun datar dimana sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sudut yang berhadapan sama besar
• memiliki 4 buah sisi yaitu 2 sisi berhadapan sejajar dan 2 sisi yang tidak sejajar, panjang 2 buah sisi yang sejajar tidak sama panjang.
• memiliki empat buah sisi yang terdiri dari dua Dua sisi yang sama panjang, kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.
• memiliki 4 buah sisi dan 4 buah titik sudut, Panjang keempat sisinya sama, kedua Diagonalnya berpotongan tepat di tengah dan saling tegak lurus
• Lingkaran: memiliki jari-jari dan diameter, besarnya diameter lingkaran sama dengan dua kali jari-jari, jarak dari tepi lingkaran ke pusat lingkaran selalu sama.
III. Pendekatan
Pendekatan Cooperative Learning
IV. Metode
Kombinasi, Ceramah, Tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, dan pemberian tugas
V. Alat/media dan sumber bahan
1. Alat/media : Gambar/poster bangun-bangun datar
2. Sumber bahan : memakami dan berlatih matematikan untuk SD/MI
kelas 5 Bumi aksara, matematika untuk SD kelas V erlangga, KTSP 2006
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan/fase Alokasi waktu Kegiatan
Kegiatan guru Kegiatan siswa
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
5 menit • Guru memotivasi siswa dengan pertanyaan secara klasikal yang berhubungan dengan bangun datar “bangun datar terdiri dari apa saja?”
• Guru memotivasi siswa dengan mengatakan pentingnya mempelajari bangun datar
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran • Siswa menjawab pertanyaan guru secara klasikal
• Siswa termotivasi untuk mempelajari bangun datar
• Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Penyajian informasi
10 • Guru menyajikan materi tentang bangun datar
• Guru menunjukkan alat peraga yang telah dipersiapkan yaitu gambar bangun datar • Siswa memperhatikan guru menyajikan materi pelajaran.
• Siswa mengamati gambar bangun datar yang dutunjukkan oleh guru
Pengorganisasian siswa
5 menit • Guru mengarahkan siswa membentuk kelompok secara heterogen yang terdiri dari laki-laki dan perempuan
• Guru membagi LKS yang berisi petunjuk kegiatan • Siswa membentuk kelompok kecil yang terdiri dari laki-laki dan perempuan sebanyak 4-6 orang
• Siswa menerima LKS yang berisi petunjuk kegiatan
Membantu kerja kelompok
20 menit • Membimbing siswa mengerjakan LKS
• Membimbing siswa berdiskusi untuk mengerjakan LKS
• Mempersilahkan siswa yang belum paham tentang cara kerja LKS untuk bertanya • Melalui bimbingan guru, siswa mengerjakan LKS
• Siswa berdiskusi untuk mengerjakan LKS
• Siswa yang belum mengerti mengajukan pertanyaan
Mengevaluasi
20 • Meminta perwakilan kelompok melaporkan hasil kerja kelompok
• Meminta kelompok lain menanggapi • Perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusi kelompoknya
• Menanggapi laporan hasil diskusi kelompok
Pemberian pengakuan atau penghargaan
10 • Memberikan penilaian kerja kelompok
• Guru memberikan pujian kepada kelompok yang hasil kerjanya bagus. • Mendapat nilai dari guru atas hasil diskusi kelompok
• Mendapat pujian dari guru.
VII. EVALUASI
a. Prosedur tes : Proses dan akhir (post test)
b. Jenis tes : Tulisan
c. Bentuk tes : Essay
d. Butir tes : terlampir
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Mata Pelajaran : matematika
Kelas/semester : V/I
Materi : bangun datar
Kelomok :
Ketua :
Anggota :
Tujuan
Mengetahui bentuk-bentuk dan sifat bangun datar
Alat dan bahan : gambar bangun-bangun datar
Cara kerja :
Mengamati gambar bangun datar pada tabel. Dari hasil pengamatan pada gambar bangun datar, tulislah sifat-sifat bangun datar pada table di bawah ini!
No Bentuk bangun datar Sifat-sifat bangun datar
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
LEMBAR EVALUASI INDIVIDU
Sekolah Dasar Negeri Linggar IV
Mata pelajaran : matematika
Kelas/semester : V/I
Nama : ……………………………
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Sebutkan nama bangun datar yang kamu ketahui, sekurang-kurangnya 5!
2. Sebidang tanah memiliki panjang 40 M dan lebar 20, dua sisi dari tanah tersebut sejajar dan sama panjang. Bentuk apakah bidang tanah tersebut?
3. Jelaskan sifat-sifat bangun datar di bawah ini
a. b. c.
4. Jelaskan perbedaan antara bangun datar persegi dan persegi panjang.
Jawaban
Kunci jawaban dan skor penilaian evaluasi kelompok
No Jawaban Skor
Maksimum Skor
Pencapaian Nilai
1 Panjang keempat sisinya sama, panjang kedua diagonalnya sama, besar keempat sudutnya sam 20
2 Persegi panjang, mempunyai empat titik sudut, sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar, mempunyai empat buah sudut siku-siku 20
3 bangun datar yang dibentuk oleh tiga titik yang tidak segaris 20
4 memiliki 4 buah sisi yaitu 2 sisi berhadapan sejajar dan 2 sisi yang tidak sejajar, panjang 2 buah sisi yang sejajar tidak sama panjang. 20
5 bangun datar dimana sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sudut yang berhadapan sama besar
J u m l a h
100
Kunci jawaban dan skort penilaian evaluasi individu
No Jawaban Skor
Maksimum Skor
Pencapaian Nilai
1 Persegi, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, trapesium, lingkaran 10
2 Persegi panjang 2
3 a. bangun datar yang dibentuk oleh tiga titik yang tidak segaris 4
b. memiliki jari-jari dan diameter, besarnya diameter lingkaran sama dengan dua kali jari-jari, jarak dari tepi lingkaran ke pusat lingkaran selalu sama. 4
c. memiliki 4 buah sisi yaitu 2 sisi berhadapan sejajar dan 2 sisi yang tidak sejajar, panjang 2 buah sisi yang sejajar tidak sama panjang.
4
4 Persegi memiliki sisi yang sama panjang 2
Sedangkan persegi panjang memiliki dua buah sisi panjang dan dua buah sisi lebar yang sama panjang. 2
J u m l a h
20
Keterangan :
Nilai = x 100
Posting Komentar