Gelaran ICT Festival di UPI Kampus Purwakarta

Dalam upaya menggaungkan gema ICT ke seluruh wilayah Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi, UPI Kampus Purwakarta menggelar Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan Dasar 2009. Acara yang berlangsung selama sepekan ini (1-7 November 2009) terdiri dari Seminar Nasional dan Workshop yang bertema “Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”, serta Lomba TIK untuk Guru dan Siswa SD. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh Lomba Kreasi seni tradisional antar siswa SD se-Purwakarta. Festival ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para guru sekolah dasar untuk dapat mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Selain itu, Festival ini juga diharapkan dapat memberikan wadah bagi siswa sekolah dasar untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang TIK sehingga mereka dapat memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menambah dan meningkatkan pengetahuan mereka.
Festival yang dibuka oleh Bupati Purwakarta, Bapak Dedi Mulyadi, pada hari Minggu, tanggal 1 November 2009, langsung diikuti oleh pelaksanaan seminar hari I dengan pembicara Dr. Munir, M. IT. dari direktorat TIK UPI dan Agus Tavip, S.Kom dari BSW Gramedia Jakarta. Seminar hari pertama ini langsung dilanjutkan dengan Workshop TIK untuk gelombang I. Sementara hari kedua ICT Festival diawali dengan pelaksaanaan seminar dengan masih mengusung tema yang sama. Pembicara pada hari kedua yaitu Dr. Munir, M. IT dari direktorat TIK UPI bersama dengan Gumawang Jati, M.A. dari ITB. Kemudian pada siang harinya, kembali dilaksanakan workshop TIK gelombang II. Acara seminar dan workshop ini diikuti oleh 694 orang peserta seminar dan 183 peserta workshop yang terdiri atas mahasiswa dan guru-guru Sekolah Dasar se-Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi.
Dalam kegiatan seminar dan workshop ini para peserta diberikan pengetahuan serta pengalaman dalam pembuatan media dan pengembangan sumber belajar. Selanjutnya para guru yang telah dibekali pengetahuan tersebut, beserta para guru lainnya se-Purwasukasi, mendapat kesempatan untuk mengikuti Lomba Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyediaan Sumber Belajar dan media Pembelajaran Antar Guru SD se-Purwasukasi. Dalam festival ini juga diadakan kegiatan lomba TIK untuk siswa Sekolah Dasar untuk menguji kemampuan siswa dalam penggunaan Office Aplication. Lomba yang dilaksanakan selama tiga hari ini diikuti oleh 42 orang guru dan 137 orang siswa dari kelas satu sampai dengan kelas 6.
Lomba yang hanya memungut biaya Rp. 20.000 per peserta ini memperebutkan berbagai macam hadiah yang sangat menarik dari pihak sponsor, baik sponsor utama, yaitu Telkomsel, dan sponsor pendamping yaitu, Bank Jabar-Banten, Bank Nusamba, WJTM, Direktorat TIK Universitas Pendidikan Indonesia dan juga sponsor dari pihak UPI Kampus Purwakarta. Hadiah yang diperebutkan antara lain, Netbook, Printer, Digicam, Modem, MP3 Player dan masih banyak lagi. Murahnya biaya pendaftaran ini dimaksudkan untuk dapat memotivasi para peserta untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan lomba, sehingga mereka dapat mengukur kemampuan yang telah mereka miliki dalam bidang ICT.
Dengan melihat rangkaian kegiatan serta tujuan dari kegiatan ini dan ditambah dengan jumlah peserta, sponsor serta hadiah-hadiah yang diberikan, diyakini bahwa Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diprakarsai oleh Suprih Widodo, S.Si, M.T., ini telah menjadi sebuah terobosan baru di dunia pendidikan, khususnya di daerah Purwakarta. Dukungan penuh dari pihak UPI Kampus Purwakarta yang dibarengi kolaborasi harmonis antara para Dosen dan Mahasiswa dalam pelaksanaan ICT Festival ini telah menghasilkan manfaat bagai semua pihak yang terlibat didalamnya, baik peserta maupun penyelenggara. Menurut rencana, ICT Festival ini akan dijadikan agenda tahunan di UPI Kampus Purwakarta, sehingga upaya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan pengaplikasian ICT dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar dapat terus berjalan secara berkesinambungan.**FD**

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. el_shalih blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Template